in ,

10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Agar Cetakannya Lebih Bagus

Sebagai hardware PC, printer memang terkadang rewel dan menyebabkan masalah seperti membuat hasil print bergaris. Hal ini akan membuat hasil cetakan hancur dan timbul garis-garis pada bagian atasnya. Maka dari itu, perlu adanya alternatif atau cara mengatasi hasil print bergaris dengan mudah.

Muncul garis pada hasil cetakan printer biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kerusakan sistem printer, tinta printer yang peletakannya tidak tepat, atau error pada mesin printer. Oleh sebab itu, untuk bisa mengatasi hasil print bergaris dengan mudah perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris dengan Cepat dan Solutif

Muncul hasil print bergaris bukan berarti mesin printer rusak dan tidak bisa diperbaiki. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, pengguna harus mencoba beberapa alternatif perbaikan untuk memulihkan kembali hasil cetakan printer. Apa saja solusi mengatasi hasil print bergaris?

1. Membersihkan Bagian Cartridge

Sudah menjadi rahasia umum ketika printer mengalami masalah, maka bagian cartridge biasanya akan diperiksa lebih dulu. Mengapa demikian? Karena cartridge merupakan komponen yang sangat vital dan berpengaruh sangat besar terhadap hasil cetakan printer.

Ketika hasil print terdapat garis-garis, maka cobalah untuk memeriksa bagian cartridgenya. Amati kemungkinan ada tinta yang mengalami penggumpalan atau faktor lainnya. Pastikan bahwa komponen bisa berfungsi dengan baik sehingga hasil cetakan printer juga baik.

2. Membersihkan Komponen Encoder

Cara mengatasi hasil print bergaris bisa dilakukan dengan memeriksa bagian encoder. Apa itu encoder? Letaknya berada tepat di belakang cartridge berukuran panjang. Komponen tersebut berfungsi sebagai sensor untuk menentukan kualitas hasil cetakan printer.

Biasanya mesin printer yang sudah digunakan dalam jangka waktu lama akan membuat encoder kotor dan berdebu. Oleh sebab itu, coba bersihkan bagian encoder dari segala kotoran yang menempel atau ketumpahan tinta dengan menggunakan kain bersih yang halus.

3. Mengganti Tinta pada Cartridge

Alternatif mengatasi munculnya garis-garis pada hasil print bisa dilakukan dengan mengganti tintanya. Keluarkan tinta kemudian bersihkan selama 3-5 menit untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel, baru setelah itu ganti tinta baru menggunakan suntikan.

Tinta yang tidak bagus juga akan menyebabkan hasil cetakan menjadi rusak. Mengganti tinta baru merupakan solusi ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada hasil cetakan printer. Namun, tidak menutup kemungkinan hasil cetakan printer rusak akibat faktor lainnya.

4. Melakukan Head Cleaning

Printer tergolong teknologi modern yang memiliki banyak fitur untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Cara berikutnya untuk menghilangkan garis-garis pada hasil cetakan printer yaitu mencoba untuk membersihkan head cleaning dalam sistem printer.

Bagaimana bisa mengakses head cleaning? Langsung saja buka control panel, kemudian klik hardware and sound. Pada halaman berikutnya, klik device and printers. Lanjutkan dengan mengaktifkan fitur head cleaning dengan klik opsi cleaning atau deep cleaning.

Maka secara otomatis, laptop pengguna akan melakukan pembersihan pada komponen head yang ada dalam cartridge printer. Head cleaning juga bisa membuat aliran tinta menjadi lancar lho, jadi usahakan untuk melakukan pembersihan setidaknya seminggu sebanyak 2 kali.

5. Meningkatkan Kualitas Hasil Print

Cara mengatasi hasil print bergaris juga bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitas hasil cetakan print. Biasanya dengan meningkatkan hasil print, maka garis-garis yang tadinya muncul akan hilang. Memangnya bagaimana cara meningkatkan kualitas hasil print?

Saat pengguna akan melakukan print, maka coba tingkatkan kualitas pada sistem pengaturan pada mesin printer. Lakukan print beberapa kali dan cek hasilnya, biasanya garis-garis pada hasil cetakan akan menghilang ketika pengguna sudah set pengaturan printer.

Baca Juga : Aplikasi Scanner Smartphone

Meningkatkan kualitas hasil print bisa menyebabkan penggunaan tinta menjadi lebih banyak. Tidak hanya itu, proses print dokumen juga akan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Oleh sebab itu, bagi pengguna yang akan print dokumen banyak perlu mempertimbangkannya.

6. Mengecek Botol Infus

Bagi pengguna printer yang mengaplikasikan infus, maka coba untuk memeriksa botol infus tinta pada komponen cartridge. Botol infus yang alirannya tidak stabil pada bagian cartridge akan menyebabkan hasil cetakan menjadi tidak memuaskan.

Silakan cek dengan seksama aliran cairan tinta yang akan melewati botol infuse, lalu cabut ujung selang infusnya. Sedot selang menggunakan suntikan yang sebelumnya sudah dimodifikasi dari tinta sampai ujung selang. Langkah terakhir, masukkan selangnya pada lubang cartridge printer.

7. Mengganti Cartridge

Jika hanya membersihkan cartridge tidak membuahkan hasil, maka pengguna printer bisa mengganti cartridge yang kemungkinan sudah rusak. Dengan mengganti cartridge baru, maka hasil cetak bisa pulih kembali dan garis-garis yang muncul pada cetakan dapat hilang seketika.

Mengganti cartridge juga bisa membuat umur printer bisa lebih tahan lama. Pasalnya, kondisi komponen cartridge yang rusak berpotensi merusak bagian printer lainnya. Nah, daripada mesin printer rusak total, sebaiknya pilih alternatif untuk mengganti cartridge dengan yang baru.

8. Mengubah Printer Menjadi Mode Color Only

Mengubah setting printer menjadi mode color only merupakan salah satu cara mengatasi hasil print bergaris. Cara mengubah printer menjadi color only sangat mudah, tekan CTRL + P lalu masuk bagian properties dan pindahkan pada tab menu maintenance.

Pilih opsi Ink Cartridge Settings, lalu baru ubah pengaturan menjadi color only dan tap OK. Jika setting sudah selesai dilakukan, coba lakukan pencetakan kembali. Jika alternatif berhasil, maka hasil cetakan printer akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

9. Memanfaatkan Garansi Printer

Bagi pengguna yang baru saja membeli printer, namun hasil cetakannya tidak sesuai dengan ekspektasi, maka segera lakukan klaim garansi printer. Konsultasikan kepada penjual printer mengenai masalah yang terjadi pada hasil cetakan.

Agar lebih mudah dan jelas, pengguna bisa langsung mendatangi kantor pusat dan mengajukan klaim garansi. Pelayanan kantor pusat biasanya akan lebih maksimal dan tenaga kerja mudah memahami permasalahan yang sering terjadi pada merek printer tertentu.

Pihak kantor pusat akan segera melakukan pengecekan dan mengatasi setiap permasalahan yang terjadi pada mesin printer. Tidak perlu khawatir saat printer mengalami masalah, karena kantor pusat tentunya bisa memberikan garansi terbaik bagi semua pelanggannya.

10. Langsung Saja Bawa Ahlinya (Reparasi)

Ketika masa garansi printer sudah habis dan pengguna belum menemukan solusi yang tepat, maka langsung saja bawa printer untuk diperbaiki oleh ahlinya. Datangi tempat service khusus printer kemudian konsultasikan masalah munculnya garis pada hasil cetakannya.

Service printer yang sudah ahli dan berpengalaman tentunya sudah paham cara untuk mengatasinya. Namun, pengguna perlu mengeluarkan biaya yang cukup lumayan tergantung jenis kerusakan yang terjadi pada mesin printer tersebut.

Terkadang permasalahan printer bergaris sangat beragam. Beberapa cara yang bisa dilakukan dengan memeriksa cartridge, mengganti tinta, mengubah setting cetakan kualitas tinggi, atau menggunakan mode color only. Jika cara mandiri tidak berhasil, maka langsung saja bawa printer untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Cara Menggunakan USB OTG

5 Langkah Cara Menggunakan USB OTG dengan Mudah [Semua Tipe HP]

Aplikasi Equalizer di PC Terbaik

7 Aplikasi Equalizer di PC Terbaik dengan Audio Berkualitas Tinggi