8 Tips dan Strategi Cara Menambah Follower di IG Organik

Saat ini Instagram sudah lebih dari sekadar media sosial. Sekarang Instagram sudah menjadi platform bagi berbagai macam influencer dan content creator untuk membagikan informasi dan mendapatkan keuntungan. Namun sebelum itu, memahami cara menambah follower di IG adalah hal yang penting.

Followers adalah aspek paling penting dalam dunia content creator. Karena kepada merekalah Anda akan membagikan informasi. Untuk mendapatkan followers dalam jumlah banyak, tentu saja bukan hal yang mudah. Untuk itu di sini kami akan membagikan tips dan strateginya.

Tips dan Strategi Cara Menambah Follower di IG

Tips dan Strategi Cara Menambah Follower di Instagram

1. Memahami Algoritma Instagram

Hal pertama yang perlu diketahui untuk bisa mendapatkan banyak followers dengan mudah adalah memahami bagaimana algoritma Instagram bekerja. Anda bisa mempelajari hal ini dari banyak sumber. Seperti dari Youtube, blog, Medium, hingga kelas-kelas online berbayar.

Dengan memahami algoritma Instagram, diharapkan Anda akan lebih tahu bagaimana sebuah postingan bekerja di media sosial ini. Sehingga Anda bisa lebih memaksimalkannya. Hal ini berbeda jika Anda kurang mengetahui algoritma Instagram.

Anda hanya akan menebak-nebak strategi yang berdampak pada kerugian waktu dan biaya. Apalagi kalau Anda menggunakan promosi berbayar.

2. Tentukan dan Fokus pada Satu Niche

Untuk semakin mempermudah Anda dalam mendapatkan followers di Instagram, Anda bisa mulai fokus dengan satu niche atau tema. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam menjaring followers dari kalangan minat tertentu.

Misalnya jika Anda hobi membuat program atau aplikasi, maka Anda bisa sharing informasi tentang tips programming, proses pembuatan aplikasi tertentu, atau bahkan meme programming yang memang dibutuhkan agar para programmer di luar sana tidak merasa stress.

Selain programming, tentu saja ada banyak niche lain yang bisa dieksplor. Pilihan paling mudahnya, Anda bisa menyesuaikan dengan minat Anda.

3. Membuat Postingan Sesuai Kebutuhan Followers

Pada saat melakukan cara menambah follower di Instagram, maka sementara Anda harus mengesampingkan idealisme pribadi. Anda harus bisa menyediakan konten yang dibutuhkan atau diinginkan oleh followers.

Dengan demikian, kemungkinan mereka akan menyukai dan membagikannya akan semakin tinggi. Karena pada saat membangun akun Instagram, fokus yang harus diperhatikan adalah followers. Mereka yang akan mengonsumsi konten Anda jadi sediakanlah apa yang mereka butuhkan.

Untuk bisa mengetahui apa yang mereka butuhkan, Anda bisa mulai menganalisa dari trend yang sedang naik baru-baru ini.

4. Penggunaan Hashtag yang Tepat

Cara menambah follower IG banyak selanjutnya adalah dengan menggunakan hashtag. Penggunaan hashtag yang tepat bisa membuka kesempatan konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang yang bukan merupakan follower Anda.

Hal ini dikarenakan hashtag bisa mengelompokkan suatu postingan agar bisa dilihat oleh semua orang yang mengakses kumpulan hashtag tersebut. Menggunakan hashtag yang sedang populer dan sesuai dengan tema konten Anda adalah pilihan yang paling tepat.

5. Memanfaatkan Promosi Berbayar

Instagram memiliki fitur promosi berbayar yang bisa digunakan oleh semua pengguna Instagram. Promosi ini menjanjikan postingan Anda untuk disebarluaskan kepada mereka yang bukan follower. Hal ini membuat postingan Anda memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.

Untuk harga promosi ini ada bermacam-macam tergantung jangkauan dan durasi tayangnya. Semakin spesifik niche jangkauan yang Anda pilih, maka semakin mahal harganya. Begitu juga dengan waktu tayang. Semakin lama iklan Anda tayang, maka semakin mahal harga promosinya.

Untuk bisa memaksimalkan fitur promosi berbayar ini, pastikan Anda mempromosikan postingan atau story yang paling menarik. Agar mereka yang menontonnya dapat beralih untuk memfollow akun Anda.

6. Memaksimalkan Fitur Story

Saat ini story adalah cara menambah follower di IG yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan story memungkinkan pengguna Instagram untuk berinteraksi dengan followernya dengan mudah dan melalui berbagai cara.

Mulai dari meminta pendapat, bermain game ringan, tanya jawab, dan masih banyak lagi. Jika Anda berhasil memaksimalkan fitur-fitur tersebut, Anda bisa membangun kedekatan dengan para followers dan membuat mereka nyaman.

Tidak hanya bisa mendapatkan follower baru, Anda juga bisa mempertahankan followers lama agar mereka tidak melakukan unfollow karena sudah terlanjur nyaman dengan konten-konten Anda.

7. Aktif dan Konsisten Membuat Postingan

Konsistensi adalah kunci. Prinsip ini harus Anda pegang dan terapkan. Karena algoritma Instagram tidak mentoleransi seorang pengguna yang lama tidak posting. Akibatnya postingan-postingan Anda akan tumbuh lebih lambat daripada saat Anda aktif membuat postingan.

Selain itu, dengan aktif membagikan konten Anda juga akan terus diingat oleh follower. Kesempatan untuk menjangkau akun non-follower pun semakin tinggi dengan semakin banyaknya konten yang Anda posting.

Tapi ini bukan berarti Anda harus spam ya. Berikan jeda posting secara wajar. Anda hanya perlu konsisten. Bukan melakukan spamming konten.

8. Memaksimalkan Bio

Ketika seseorang mampir ke akun Anda, maka hal pertama yang mereka lihat tentu saja bio Instagram Anda. Membuat bio yang bagus adalah kunci agar seseorang bisa ter-engage dan berakhir dengan melihat-lihat konten Anda yang ada di bawah.

Di sini Anda bisa memulai dengan memperkenalkan diri Anda, dan menjelaskan tentang konten apa yang Anda bagikan pada akun Instagram tersebut.

Masih ada banyak cara menambah follower Instagram yang bisa Anda eksplor sendiri. Cara-cara di atas merupakan cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan follower organik yang tentunya sangat bagus untuk perkembangan Instagram Anda.

Artikel Terkait